Hari Anak Nasional 2022 Mengusung Tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju”

23 July, 2022
23/7/2022. Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 Kabupaten Sumbawa di gelar di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Varian Bintoro, S.Sos. M.Si.,, Kepala P2KBP3A, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa, Kepala Penduduk dan Pencacatan Sipil Kabupten Sumbawa dan Ketua Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Kabupaten Sumbawa (PKBI) beserta jajarannya, para perwakilan Siswa/i SD/SMP/SMA se-Kecamatan Sumbawa.
Dibuka dengan Sambutan Asisten I Bupati Sumbawa Varian Bintoro, S.Sos. M.Si. dalam sambutannya beliau menyampaikan penghargaan yang telah diraih oleh Kabupaten Sumbawa sebagai Kabupaten Layak Anak. “Acara ini merupakan rangkaian dari acara sebelumnya dengan tema yang sama yang telah diselenggarakan di beberapa Desa Yakni “Boat Desa Pedi Tode” beberapa waktu yang lalu”. Ungkapnya. Beliau berharap dengan dicanngkannya Kabupaten Sumbawa sebagai kabupaten layak anak memberi semangat baru bagi orangtua dan masyarakat sebagai penanggungjawab anak – anak demi mencapai generasi emas di Tahun 2025. Poin paling penting dalam sambutan tersebut yakni koordinasi di antara para stakeholder pemenuhan hak-hak anak yang dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Karena itu, Bupati berharap penguatan koordinasi antar stakeholder dapat terus ditingkatkan secara rutin, baik dalam perencanaan maupun implementasi program KLA. Satu hari yang lalu Sumbawa mendapatkan predikat sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama yang di selenggarakan secara daring di Ruang Rapat Hasan Usman Lantai I Kantor Bupati Sumbawa.
“Anak adalah investasi bangsa di masa yang akan datang, maka menjadi kewajiban bersama untuk menjadikan anak-anak lebih berkualitas, sehingga anak-anak bisa menjadi modal pembangunan. Dalam konteks ini, peran seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha harus bahu-membahu untuk dapat mewujudkannya.” Tutup Asisten I Bupati Sumbawa.
Acara dilanjutkan dengan persembahan karya anak Sumbawa. Salah satunya yakni ngumang. Ngumang merupakan salah satu pertunjukan seni khas Sumbawa yang dalam penyampaiannya menggunakan puisi atau Bahasa Sumbawa nya “Lawas”. Berisi pesan – pesan motivasi, semangat dan energi serta biasanya di tampilkan di awal setiap acara atau event. Persembahan ini datang dari anak – anak Kecamatan Unter Iwes Sumbawa. Selanjutnya penyerahan sertifikat partisipasi kepada peserta 6 Desa penyelenggara Program Layak Anak di Kabupaten Sumbawa dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional.

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar