BUPATI HADIRI SYUKURAN NELAYAN DI LABANGKA

BUPATI HADIRI SYUKURAN NELAYAN DI LABANGKA

21 September, 2020

Bupati Sumbawa diwakili Staf Ahli Bupati Bidang SDA dan Kemasyarakatan Drs. Zainal Abidin menghadiri acara silaturahmi bersama masyarakat Desa Jaya Makmur Kecamatan Labangka yang dirangkaikan dengan Syukuran Laut, Minggu (20/9) bertempat di Pantai Jemplung, Desa Jaya Makmur Kecamatan Lanbangka.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan syukuran laut ini tidak hanya melanjutkan tradisi saja, melainkan untuk memberi nilai tambah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan pelaksanaan syukuran laut ini, rasa kebersamaan dan kekompakan masyarakat bisa lebih ditingkatkan guna menunjang suksesnya program pembangunan dalam berbagai bidang, khususnya bidang kelautan dan perikanan.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan ini, bupati mengingatkan kepada masyarakat Kab. Sumbawa agar urusan adat jangan dicampur adukkan dengan urusan agama.

“Dengan adanya syukuran ini, bukan berarti kita meminta rezeki kepada laut. Kita harus tetap mengingat batas antara adat dan agama, dan syukuran ini menjadi motivasi bagi kita untuk terus beribadah dan bersyukur hanya kepada Allah SWT”. Ujarnya

Selain itu, kegiatan syukuran laut ini juga merupakan bagian dari upayah mempertahanan kondisi masyarakat yang sejahtera secara spiritual, yang dalam bahasa sumbawanya dikenal dengan “Senap Semu Nyaman Nyawe”.

Disampaikan pula, bahwa tradisi syukuran laut ini juga bagian dari upayah mempertahankan tradisi budaya daerah, di tengah derasnya arus arus globalisasi informasi. “Kita menyadari betapa pentingnya memelihara nilai-nilai luhur jati diri kita tau samawa, karena dengan tetap melestarikan kearifan lokal yang ada, kita memiliki pondasi yang baik dalam membawa daerah ini menuju sumbawa yang hebat dan bermartabat.” Tutupnya

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan berupa 1 unit mesin ketinting oleh Bupati Sumbawa kepada kelompok nelayan maju bersama.

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar