BUPATI BUKA RAKOR PEMBANGUNAN KAWASAN PERDESAAN

BUPATI BUKA RAKOR PEMBANGUNAN KAWASAN PERDESAAN

14 October, 2019

Bupati Sumbawa melalui Staf Ahli Bupati Bidang SDA dan Kemasyarakatan Drs. Zainal Abidin membuka secara resmi Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Pembangunan Kawasan Perdesaan Di Kabupaten Sumbawa, Senin pagi (14/10) di ruang Rapat Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa. Tutur hadir pada rapat tersebut Kadis PMD, Pimpnan OPD/Pejabat yang mewakili, Pendamping Kawasan dari Kementerian Desa, Camat Utan, Kepala Dalam Kawasan Jasaprima, Ketua BKAD, dan Ketua BUMDESMA Jasaprima.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati menyampaikan bahwa dalam konteks pelaksanaan suatu program dan kegiatan perlu dilakukan koordinasi terhadap perkembangan pelaksanaan pembangunan kawasan perdesaan di kabupaten sumbawa, sebagaimana telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai salah satu daripada 60 (enam puluh) kabupaten yang masuk dalam kategori kawasan perdesaan prioritas nasional (kppn) dari 416 kabupaten di seluruh indonesia.

“Kita patuh mengapresiasi dan bangga akan hal ini sebagai sebuah bentuk kepercayaan, amanah dan prestasi yang patut kita jaga dan pelihara dengan sebaik-baiknya dengan memberikan hasil yang optimal pula terhadap capaian-capaian yang menjadi tujuan dan target pembangunan kawasan perdesaan yang semuanya bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan upaya pengetasan kemiskinan serta pertumbuhan ekonomi kawasan perdesaan di Kab. Sumbawa”. Ujar Bupati

Dikatan bahwa evaluasi ini merupakan penilaian yang sistematis dan objektif yang berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan kawasan perdesaan harus terus dilakukan agar titik-titik kekurangan atau kelemahan dapat diatasi secara holistik dan komprehensif agar diketahui efektivitas dan efisiensi hasil, dampak maupun keberlanjutannya.

“Memperhatikan dinamika dan perkembangan penyelenggaraan pembangunan kawasan perdesaan di Kab Sumbawa, telah cukup memberikan kemajuan yang signifikan baik dalam pembangunan infrastruktur, pertumbuhan ekonomi, penguatan kelembagaan lingkup kawasan perdesaan, maupun koordinasi pada setiap lini pemerintahan baik Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan serta Desa-desa kawasan sudah cukup baik, namun masih perlu optimalisasi terhadap penguatan masing-masing peran dan fungsi perangkat daerah terkait dalam koordinasi pembangunan kawasan perdesaan”. Jelas Bupati

Sebelumnya, Kadis PMD Varian Bintoro, S.Sos., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud pelaksaan kegiatan ini adalah untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan pembangunan kawasan perdesaan di Kab. Sumbawa, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, pengembangan ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat desa melalui pendekatan partisipatif dan pengintegrasian sebagai kebijakan, rencana, program, dan kegiatan para pihak pada kawasan yang ditetapkan, yang tertuang dalam rencana pembangunan kawasan perdesaan. 

SUMBER : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar