FISHING TOURNAMENT SEMARAKKAN RANGKAIAN PESONA FESTIVAL MOYO 2019

FISHING TOURNAMENT SEMARAKKAN RANGKAIAN PESONA FESTIVAL MOYO 2019

23 September, 2019

Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Sumbawa menggelar Fishing Tournament atau Lomba mancing rangkaian Festival Pesona Moyo 2019. acara yang dihadiri Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Lalu Suharmadji K ST,MT, Staf Ahli Bupati Sumbawa Bidang SDA dan Kemasyarakatan, Para Pimpinan Perangkat Daerah Kab. Sumbawa, Basarnas Provinsi, Perwakilan TNI AL, Camat Lab. Badas dan para peserta lomba mancing, yang dilaksanakan pada Sabtu Pagi Dipantai Goa Kec. Lab. Badas (21/9/2019).

Dalam Sambutannya tertulis Bupati Sumbawa yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kab. Sumbawa menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan fishing tournament sebagai bagian dari rangkaian kegiatan festival pesona moyo 2019 ini, saya rasa mempunyai nilai yang sangat penting dan strategis sebagai salah satu wahana meningkatkan nilai-nilai budaya kelautan dan wawasan maritim kepada masyarakat dan sekaligus sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya pesisir dan laut sebagai sumber ekonomi dan sumber kehidupan. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Negara kita Indonesia tercinta merupakan negara kepulauan dengan panjang garis pantai sekitar 104.000 kilometer atau terpanjang kedua di dunia dengan 17.499 pulau, memiliki potensi ekonomi kelautan dan perikanan yang sangat besar. oleh karena itu, pembangunan berbasis sumber daya kelautan dan perikanan diharapkan dapat menjadi motor penggerak pembangunan nasional.

Disampaikan bahwa pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan tersebut harus dilaksanakan secara terpadu dengan keterlibatan berbagai sektor dan berkelanjutan dengan mengembangkan nilai-nilai dan potensi lokal daerah yang diharapkan berimplikasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah serta pengembangan sektor pariwisata.

Bupati berharap dengan pelaksanaan fishing tournament festival pesona moyo ini, dapat menjadi wahana mempromosikan potensi sumber daya pesisir dan laut yang ada di kabupaten sumbawa khususnya wisata bahari. melalui kegiatan ini pula, saya berharap agar dukungan, kerjasama, dan koordinasi yang efektif serta harmoni dan sinergi antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan khususnya di wilayah pesisir dan laut yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat terus ditingkatkan pada masa-masa yang akan datang. hal ini sebagai wujud komitmen kita bersama untuk menyukseskan pembangunan kelautan dan perikanan yang berdaya saing dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat sebagaimana kita harapkan bersama dalam mendukung pencapaian visi dan misi kabupaten sumbawa 2016-2021.

Dalam laporannya Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Sumbawa Ir. Dirmawan menyampaikan bahwa di Nusa Tenggara Barat potensi perikanan terbesar itu ada di sumbawa, kita memiliki 2 wilayah pengolahan perikanan dan kita yang paling beruntung diseluruh Indonesia ini. ada pengolahan perikanan 713 yang meliputi laut flores termasuk teluk saleh dan sekitarnya dan pengolahan perikanan 573 meliputi samudra hindia. tapi yang paling besar kita manfaatkan sekarang adalah 713 dimana hampir semua ikan ekspor baik yang diekspor dari Sumbawa, Bali maupun Jawa itu dihasilkan oleh wilayah pengolahan 713. Ekspor kita sampai dengan tahun 2018, kita sudah mengekspor lebih kurang 55,7 ton ikan yang sudah diproses di PT Bali Sea food internasional dengan tujuan Amerika. Tahun 2019 sampai dengan hari ini 176 ton yang kita ekspor ke Amerika dan Filifina 6 ton. Ini adalah gambaran yang sangat luar biasa bagi sektor perikanan kita dan ini belum pernah terjadi sebelumnya, walaupun pelabuhan muat nya ada di pelabuhan Tanjuk Perak Surabaya. Jumlah peserta tahunlalu dari lomba mancing ini hanya sekitar 178 dan Alhamdulillah tahun ini sudah terdaftar 400 lebih peserta dengan angka kenaikan 100 persen dari tahun lalu, ini bentuk kecintaan sahabat kita didunia maritim khususnya dalam rangka melestarikan budaya kita dari jaman dulu. mari kita lestraikan dan kita perkenalkan ke dunia luar bahwa kita punya sumber daya ikan yang sangat luar biasa didaerah kita ini. 

SUMBER : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar