• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Diskominfotik Kantor Bupati Garuda No.1 Sumbawa Besar
DINAS PMD GELAR PELATIHAN PENYUSUNAN PEMUTAKHIRAN DATA PROFIL DESA DAN KELURAHAN

DINAS PMD GELAR PELATIHAN PENYUSUNAN PEMUTAKHIRAN DATA PROFIL DESA DAN KELURAHAN

19 September, 2019

Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa menggelar Pelatihan Penyusunan dan Pemutakhiran Data Profil Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Sumbawa pada Kamis pagi (19/9) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Hadir pada acara tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Sumbawa, Sekdis PMD beserta jajaran, para Camat, Kepala Desa, Lurah, dan para narasumber.

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Sumbawa Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd ketika membuka acara secara resmi menyampaikan bahwa dalam rangka ketersediaan informasi tentang potensi wilayah suatu kabupaten/kota yang mencakup sampai wilayah desa/kelurahan, Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Ditjen PMD) Kementerian Dalam Negeri RI, menetapkan penyusunan profil desa dan kelurahan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan, yang bertujuan untuk menjadikan profil desa dan kelurahan sebagai basis data dan sumber informasi guna pemenuhan kebutuhan pembangunan.

Disampaikan, profil desa dan kelurahan adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumberdaya alam, Sumber Daya Manusia, kelembagaan, sarana dan prasarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan. “Dalam rangka mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral, maka perlu disusun data profil desa dan kelurahan. Oleh karena itu, profil desa dan kelurahan perlu didayagunakan untuk mendorong perkembangan desa dan kelurahan swadaya dan swakarya menjadi desa dan kelurahan swasembada,” ucapnya.
Bupati minta kepada seluruh peserta pelatihan agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dengan mengikuti kegiatan secara seksama sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam menyusun dan memutakhirkan data profil desa dan kelurahan tahun 2019.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Kab. Sumbawa Syaifullah, SE melaporkan tujuan kegiatan selain untuk mengetahui karakteristik Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, serta potensi desa dan kelurahan, juga untuk mengukur kecepatan perkembangan desa dan kelurahan, dan sebagai input atau bahan masukan untuk perencanaan pembangunan percepatan terbaru potensi dan tingkat kembang desa, serta pedoman dalam menentukan arah pengembangan desa dan kelurahan.

Adapun peserta berasal dari 165 desa/kelurahan, dan 24 Kepala Seksi dari Kecamatan. Dengan narasumber yaitu Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi NTB, dan tenaga ahli bersertifikat nasional, dengan materi penyusunan profil desa.

SUMBER : Siaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar