Wabup Buka Perkemahan Bhakti Saka Kencana 2018

Wabup Buka Perkemahan Bhakti Saka Kencana 2018

14 December, 2018

Sumbawa Besar, Kominfotik. Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah membuka secara resmi perkemahan Bakti Saka Kencana Tingkat Cabang Sumbawa Tahun 2018 pada Jum’at Siang (14/12) di Pantai Saliper Ate Labuhan Badas Sumbawa. Kegiatan yang mengangkat tema “Pramuka Pelopor Generasi Muda Yang Berkarakter” tersebut turut dihadiri oleh Kadis P2KBP3A beserta jajaran, Ketua Pramuka Kwartir Cab. Sumbawa, Camat Labuhan Badas, panitia penyelenggara dan para peserta kemah bhakti.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan bahwa merupakan kewajiban bersama, dalam menyelenggarakan pendidikan untuk kaum muda, tidak hanya menekankan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, tetapi seyogyanya juga menekankan pentingnya pembentukan watak dan kepribadian.

“Untuk itulah, kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kompak serta selalu bersatu dan menjunjung kesatuan dan persatuan bangsa,” ujar Wabup.

Oleh karena itu, lanjut Wabup maka pendidikan kepramukaan, sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam mendukung pembangunan karakter kaum muda.

Disampaikan, penyelenggaraan kemah bakti ini menjadi bagian dari upaya membangun kesadaran akan adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan dengan menghormati keseimbangan alam.

Sehingga kegiatan ini merupakan momentum bagi para peserta untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan bekerjasama, mengembangkan sifat kepemimpinan, kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab.

Kepada Pimpinan Kwartir, ranting gerakan pramuka dan para pembina pramuka, Wabup menghimbau untuk dapat secara bersama-sama terus meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter generasi muda di Tana Samawa.

Sementara itu, Ketua Panitia Marjono, S.AP melaporkan bahwa Perkemahan Bakti Saka Kencana (Pertikana) merupakan kegiatan perkemahan yang diselenggarakan oleh Saka Kencana Tingkat Cabang Sumbawa dan Dinas P2KBP3A KabupatenSumbawa.

Perkemahan ini melibatkan peserta pramuka tingkat penggalang dan penegak, serta peserta utusan PIK-R dari setiap sekolah se-Kabupaten Sumbawa, yang bertujuan sebagai wadah pertemuan dan ajang kompetisi guna meningkatkan motivasi anggota pramuka pramuka dan PIK-R untuk berlatih dan berkreasi di bidang keluarga berencana, keluarga sejahtera, pembangunan pengembangan kependudukan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Pertikana dilaksanakan dari tanggal 14 sampai dengan 16 Desember 2018. Mata lomba pada kegiatan ini dibedakan menjadi dua tingkatan yaitu Tingkat Penggalang dan Tingkat Penegak.

Adapun mata lomba antara lain lomba GenRe Kit, Jingle GenRe, menggambar poster, cerdas cermat, pioneering, pertolongan pertama, sandi berantai, dan pentas seni. Jumlah peserta sebanyak 280 orang yang berasal dari SMP/MTs, dan SMA se-Kabupaten Sumbawa dan pembina pendamping berjumlah 28 orang.

Dalam acara tersebut seluruh peserta menyanyikan bersama lagu Satya Darma Pramuka, dan pada akhir acara masing-masing sekolah mempersembahkan yel-yelnya. (ra/mckabsumbawa)

Sumber : SIaran Pers Humas Setda Kabupaten Sumbawa

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar