BANJIR BANDANG SUMBAWA, HANCURKAN INFRASTRUKTUR

BANJIR BANDANG SUMBAWA, HANCURKAN INFRASTRUKTUR

09 March, 2017

Sumbawa - Banjir Bandang yang diakibatkan oleh hujan deras beberapa hari yang lalu, sejak tanggal 6 Februari 2017 telah mengakibatkan dampak yang sangat parah baik kepada masyarakat yang terkena banjir, lebih-lebih telah merusak begitu banyak infrastruktur yang ada di Kabupaten Sumbawa. banjir yang terjadi telah menghanyutkan hampir seluruh pengaman tebing, bronjong dan jembatan yang dilalui banjir, hal ini sebagaimana disampaikan Bupati Sumbawa pada saat presentasi di depan Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa di posko utama pendopo wisma daerah.. 

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun,  banjir bandang yang terjadi telah mengakibatkan kerusakan pada infrastruktur jalan sepanjang 32,17 km dan jembatan sebanyak 10 buah yang tersebar diseluruh kecamatan yang dilalui banjir bandang tersebut. selain infrastruktur jalan dan jembatan, banjir yang terjadi juga telah merusak infrastruktur lainnya seperti sistem drainase dan sistem listrik yang ada di lokasi terdampak banjir.

Sistem drainase seperti talut, bronjong, pengaman tebing, cek dam, jaringan/saluran irigasi, dan saluran pintu pembuangan air yang dilalui banjir bandang hampir seluruhnya hanyut disapu  oleh air bah. kerugian yang diakibatkan hampir-hampir tidak bisa dibayangkan.(KH)

Diskominfotikkabsbw

This post has 0 Comments

    Kirim Komentar