Username    Password 
Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Ruang Server Dishubkominfo Kantor Bupati Lt.3 Jl. Garuda No.1 Sumbawa Besar         # Sehubungan Dengan Adanya Permasalahan NIK KTP Dalam Proses Pendaftaran CPNS 2014 di Panselnas, Silahkan Menghubungi BKPP Sumbawa Bidang I         # Untuk dapat mengikuti seleksi Tes CPNS Jalur Umum 2014, Silahkan mendaftar melalui situs www.sscn.bkn.go.id dan www.panselnas.menpan.go.id        
Berita

INDEX BERITA

Kamis, 9 Februari 2006, 12:08 WITA
Warga Moyo Hulu Sangat Mendukung Eksplorasi Dodo - Rinti

Sejumlah warga kecamatan Moyo Hulu, kemarin mendatangi Redaksi Gaung NTB untuk menyatakan dukungan penuh terhadap aktivitas eksplorasi cebakan emas dan tembaga di bukit Dodo - Rinti Selatan Sumbawa.

Para warga dari 9 desa yang dikoordinir Gulit - Warga desa Semamung tersebut dengan tegas mendukung upaya pemerintah dalam memakmurkan rakyatnya dengan mengundang investor, termasuk pemodal antar negara sekaliber Newmont Corporate yang berpusat di Nevada Amerika Serikat. "Bumi Sumbawa dianugerahi kekayaan alam yang begitu besar. Sangat sayang kalau tidak dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat," kata Gulit.

Di sisi lain, Gulit juga berharap agar pemerintah Kabupaten tidak mempersulit persyaratan investasi. "Mohon jangan menggunakan istilah, kalau bisa dipersulit mengapa harus dipermudah. Gunakan kebijakan, kalau bisa dipermudah mengapa musti mempersulit," katanya.

Menurut dia, hamparan kekayaan perut Bumi Tana Samwa selayaknya dieksploitasi dengan bijak. Kendati disadarinya, bahwa pembukaan tambang apalagi dengan sistem terbuka seperti di Batu Hijau dapat berakibat terganggunya lingkungan atau terjadinya perubahan bentang alam, tapi ia yakin PT Newmont Nusa Tenggara ( PTNNT ) memiliki teknologi yang dapat meminimalisirnya. "Diakui atau tidak, sampai saat ini keberadaan tambang Batu Hijau di Sumbawa Barat tidak menimbulkan dampak lingkungan seperti banyak diisukan oknum tertentu," katanya.

Berbicara soal kegiatan eksplorasi Dodo Rinti terkait peluang ekonomi bagi warga lokal, Gulit dan rekan - rekannya mengakui bahwa saat ini belum ada satu pun warga Kecamatan Moyo Hulu yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung, baik sebagai pekerja maupun sebagai pemasok ( vendor ).

Ditanya tentang adanya aksi penolakan oleh sebuah gerakan yang menamakan dirinya "warga selatan - selatan ", Gulit menyatakan, bahwa gerakan itu dilakukan hanya oleh segelintir orang tertentu. "Pada dasarnya sebagian besar warga mendukung, sebagian lain vakum dan hanya sedikit yang menolak," tandasnya.

Sementara itu, tokoh pemuda Batu Tering Moyo Hulu, Yan Sopian, juga menyatakan pentingnya masyarakat mendukung dan menjamin keamanan investasi di daerah ini.

"Kami mengamati, betapa susahnya pemerintah menggalang investasi. Nah, ketika mereka datang dan beraktivitas, kita musti memberikan dukungan penuh termasuk soal keamanan," katanya.

Investasi besar di tambang yang ada di Kabupaten Sumbawa akan berpengaruh positif terhadap perkembangan wilayah sekitar baik dari sisi ketenagakerjaan dan juga pertumbuhan perekonomian daerah. "Tapi perlu disadari, bahwa Dodo - Rinti masih dalam tahapan eksplorasi sehingga kebutuhan tenaga kerja masih sangat terbatas," katanya.

Kendati demikian, Yan Sopyan yang juga penggerak lembaga swadaya masyarakat tersebut tetap berharap, Moyo Hulu tidak diabaikan, katanya.

Ia juga mengimbau segenap warga Moyo Hulu untuk tetap saling mengingatkan dan berhati - hati terhadap provokasi yang bisa merugikan masyarakat Moyo Hullu sendiri.

Tokoh desa Sempe, M Natsir, juga sepaham tentang pentingnya memproteksi keberadaan investasi. "Mengapa keberadaan perusahaan harus ditolak ? Apalagi untuk kepentingan sesaat oknum - oknum tertentu," katanya, sembari diiyakan Abdul Azis dan Mahmud HMS dari Lito dan Leseng.

Sementara Syaiful dari Desa Mokong lebih berharap kiranya PT Newmont dapat berbuat adil dalam rekrutmen tenaga kerja ke depan. Hal serupa dikatakan Sahabuddin, warga Desa Batu Bulan. "Kami mantan karyawan Flour Daniel ( Perusahaan yang melaksanakan pembangunan konstruksi tambang Batu Hijau, red ) yang ada di Moyo Hulu sebaiknya diprioritaskan ketimbang tenaga kerja dari luar Sumbawa," pintanya.


Sumber : HU. Gaung NTB
Print Version | Beri Komentar


Daftar Komentar


Berita Terkini
Galeri Foto index »

Home   |   Buku Tamu   |   Perizinan   |   Links   |   Site Map   |   Hubungi Kami
Sambutan Bupati   |   Profil SKPD   |   Ke Sumbawa   |   Cerita Rakyat   |   Agenda   |   Forum Diskusi
Copyright © Kabupaten Sumbawa. All rights reserved. Developed by Citraweb Nusa Infomedia.