Username    Password 
Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Web Admin Ruang Server Dishubkominfo Kantor Bupati Lt.3 Jl. Garuda No.1 Sumbawa Besar         # Sehubungan Dengan Adanya Permasalahan NIK KTP Dalam Proses Pendaftaran CPNS 2014 di Panselnas, Silahkan Menghubungi BKPP Sumbawa Bidang I         # Untuk dapat mengikuti seleksi Tes CPNS Jalur Umum 2014, Silahkan mendaftar melalui situs www.sscn.bkn.go.id dan www.panselnas.menpan.go.id        
Berita

INDEX BERITA

Rabu, 11 Oktober 2006, 12:22 WITA
Dinas Diknas Gelar Pelatihan MBS Untuk Tingkat Kecamatan

Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa,melalui kegiatan Desentralisasi Pendidikan Dasar-ADB,kembali mengelar pelatihan tim Manajemen Berbasis Sekolah (MBS),kali ini untuk tingkat Kecamatan.

Dilaporkan Ketua Panitia pelaksanaan Johar Arifin S.Pd,bahwa pelatihan tersebut akan berlangsung selama 4 hari,mulai digelar Senin (09/10) hingga 12 Oktober mendatang peserta 154 orang yang terdiri dari unsur tokoh agama,tokoh masyarakat dan pejabat di Kecamatan SeKabupaten Sumbawa.

Dan pelatihan itu jelas Johar,akan ditempatkan ditiga Hotel yakni di Hotel Cendrawasih,Hotel Jayani,di Hotel harapan Sumbawa.

Secara umum Johar memaparkan tujuan dilaksanakan kegiatan tesebut yakni untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan tim MBS Kecamatan agar mampu memfasilitasi sekolah dalam proses perencanaan,pengelolaan,pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangan sekolah.

Sementara itu,Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa,Drs HM Ikhsan MPd dalam sambutannya menyatakan,pelatihan MBS merupakan bentuk perhatian terhadap pendidikan,karena dalam pelaksanaan pendidikan sekarang ini melibatkan seluruh stake holder di masyarakat.Menurut Ikhsan,dari hasil pengamatan dilapangan,masih ada sekolah yang sudah menerapkan prinsip-prinsip MBS dalam proses pendidikan,tetapi ada juga yang belum sama sekali menerapkan prinsip tersebut.Hal ini ditandai oleh banyaknya pengaduan dan laporan dari masyarakat terkait dengan proses pendidikan.

Hal ini membuktikn kata Ikhsan,bahwa keteribatan masyarakat dalam pembangunan pendidikan belum dilakukan secara maksimal,dan ada kesalahan persepsi tentang peran dan fungsi komite sekolah.

Disebutkan H Ikhsan,bahwa peran komite sekolah itu ada tiga,yakni berperan sebagai pendukung pendidikan,peran ini katanya,baik perupa dalam bentuk pinansial atau minimal peran dalam bentuk dukungan moral dalam membantu mensukseskan pembangunan pendidikan.

Kemudian peran sebagai pemberi pertimbangan dalam hal pengambilan keputusan oleh kepala sekolah,komite dalam hal ini kata Ikhsan, sangat penting khususnya partisifasi masyarakat dalam memberikan saran dan masukan kepada Kepala Sekolah sebelum mengambil atau menentukan kebijakan.Selain itu komite musti menjadi mediator sekaligus fasilitator terhadap setiap persoalan yang dihadapi sekolah juga sebagai mediator sekolah dengan pemerintah.Dan peran sebagai pengontrol,komite musti melakukan pemantauan terhadap kinerja kepala sekolah guru dalam melaksanakan tugas pendidikan,sehingga apapun yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah selalu dalam pantauan komite sekolah.

Dan menurut H IKhsan,ujian berat dari MBS adalah pada saat sekolah mendapatkan bantu berupa dana DAK."Dengan pengelolaan dana tersebut,akan diketahui sejauh mana program MBS itu diterapkan,"katanya.

Dan sejauh ini kata H Ikhsan,masih saja ada pengaduaan dari masyarakat,ini membuktikan MBS itu mudah diucapkan tetapi sangat sulit diaplikasikan.

H Ikhsan,pada kesempatan itu sekaligus membuka pelatihan tim MBS Kecamatan tersebut secara resmi.


Sumber : HU Gaung NTB
Print Version | Beri Komentar


Daftar Komentar


Berita Terkini
Galeri Foto index »

Home   |   Buku Tamu   |   Perizinan   |   Links   |   Site Map   |   Hubungi Kami
Sambutan Bupati   |   Profil SKPD   |   Ke Sumbawa   |   Cerita Rakyat   |   Agenda   |   Forum Diskusi
Copyright © Kabupaten Sumbawa. All rights reserved. Developed by Citraweb Nusa Infomedia.